Fraiza Geraldi Alghifary

welcome to our blog

Welcome

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: Unknown Posted date: 19.44 / comment : 0



    • CO [ Central Office ] CO (Control Operator/Office) 
                       Bagian pusat yang mengendalikan/mengatur perangkat perangkat agar bekerja, bagian yang menjadi pusat Penyedia Layanan.CO berfungsimengendalikan sebuah jaringan atau membagi layanan layanan ketika layanan terjadi.
    • CPE [ Costumer Promises Equipment ]
                     Perangkat yang berhubungan dengan aplikasi dan user dan tidak terjadi proses signaling.

    • DTE [ Data Termination Equipment ] 
    Perangkat yang melewatkan data dari CPE menuju DCE untuk dikonversikan/coding.Berfungsi mengkonversi sinyal yang diterima agar sampai pada user. DTEmerupaka sebuah peralatan atau subsistem yang saling berhubungan dengan beberapaperalatan yang melakukan fungsi yang diperlukan untuk memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi. Biasanya, perangkat DTE adalah terminal (atau komputer meniru terminal), dan DCE adalah sebuah modem atau perangkat lain milik operator

    • DCE [ Data Communication Equipment ]
        Data Circuit Equipment (DCE) adalah perangkat yang terletak antara Data TerminalEquipment dan Data Circuit Transmisi . Hal ini juga disebut peralatan komunikasi data danoperator peralatan data. DCE melakukan fungsi seperti sinyal konversi, coding , dan garis clocking dan dapat menjadi bagian dari peralatan  DTE.


            Adapun juga perangkat - perangkat pembentuk WAN yaitu :
    • Router
           Adalah perangkat jaringan yang aktif dan intelegent dan dapat berpartisipasi dalam menajemen jaringan. Router berfungsi mengatur jaringan dengan menyediakan kontrol dinamis melalui sumber daya dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuan tersebut anatara lain konektivitas, perfomansi yang reliabel, kontrol manajemen dan fleksibilitas.
           LAN mengirimkan data ke Router, kemudian router akan menganilsa berdasarkan informasi alamat pada layer. kemudian router akan meneruskan data tersebtu ke interface WAN yang sesuai berdasarkan routing table yang dimilikinya.
    • CSU/DSU
            CSU/DSU adalah sebuah perangkat gabungan dari sebuah Channel Service Unit (CSU) dan Data Service Unit (DSU). Jalur komunikasi membutuhkan sinyal dengan format yang sesuai. Maka untuk jalur digital CSU dan DSU dibutuhkan.

    • Modem
               Modem adalah sebuah perangkat dibutuhkan untuk mempersiapkan data untuk transmisi melalui local loop. Sebuah modem dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog dibandingkan digital. Cara kerja modem mengirim data melalu jalur telepon dengan memodulasi dan demodulasi sinyal, sinyal digital ditumpangkan ke sinyal suara nalog yang dimodulasi untuk ditransmisikan. pada sisi penemira sinyal analaog dikembalikan menjadi sinyal digital atau demodulasi.

    • Communication Server
            Communication Server memiliki beberapa interface analog dan digital serta mampu melayani beberapa user sekaligus, karena communication serer mengkonsentrasikan komunikasi pengguna dial-in dan remote akses ke LAN.
     


    Sumber : http://icehealer.wordpress.com/tag/pengertian-hirarki-wan/ 
                        http://bangbiw.com/pengertian-dan-kegunaan-dari-perangkat-wan/



    icon allbkg

    Tagged with:

    Next
    Posting Lebih Baru
    Previous
    Posting Lama

    Tidak ada komentar:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says